Sunday, January 8, 2023

Pekerja Kantoran Wajib Tahu! 8 Cara Mengatasi Laptop Lemot Biar Kerja Jadi Produktif Lagi!

Pekerja Kantoran Wajib Tahu! 8 Cara Mengatasi Laptop Lemot Biar Kerja Jadi Produktif Lagi! Di pembahasan kali ini, Kula ingin memberi tahu cara mengatasi laptop lemot biar performanya bisa ngebut lagi, bukankah menyebalkan sekali saat sedang enak browsing atau kerja, performa laptop kamu jadi lambat? Kula yakin banget, di semua aspek pekerjaan dan hiburan, dari instansi sampai pekerja lepas, pasti rata-rata memakai laptop sebagai sarana penunjang melakukan pekerjaan, seperti menulis artikel, konten hingga desain gambar dan edit video. Namun ALovers harus tahu kalau laptop, biarpun sudah dilengkapi memori besar dan layar dengan grafis HD, ternyata masih bisa lemot juga. Aneh kan? Nah.. Kali ini ALovers bakal membedah kenapa laptop jadi lemot dan gimana cara biar bisa ngebut lagi performanya. Bisa jadi kenapa laptop lemot karena harddisk di laptop ALovers dah kelewat tua alias sudah lama. Harddisk juga bisa mempengaruhi kinerja laptop. Selain itu, laptop jadi lemot mungkin data yang ada di harddisk kebanyakan, kalau harddisk hampir penuh, sekiranya sampai 95 persen, sudah pasti nantinya jadi lemot.

Apalagi terdapat beberapa program yang cukup memakan ruang penyimpanan meskipun tidak dijalankan. Alhasil, laptop kamu pun menjadi melambat kinerjanya karena tidak ada ruang untuk akses lagi. Solusinya adalah menghapus program atau software dirasa tak penting. Cara Menggunakan Fitur Aplikasi Zoom Untuk Laptop Dan HP Android, Download Aplikasinya di Sini! Ketika kamu sadar bahwa kapasitas ram yang digunakan terlalu kecil maka hal tersebut membuat laptop menjadi lemot. Apalagi tidak sebanding antara ketersediaan RAM dengan program yang digunakan. Sehingga terkesan sedikit memaksakan pengoperasiannya. Pada akhirnya hal tersebut membuat laptop menjadi melambat karena harus bekerja keras. Sedangkan RAM yang digunakan sama sekali tidak mendukung pengoperasian program ataupun software. Cara mengatasi laptop yang lemot ini adalah meminimalisir penggunaan program beruk uran besar. Salah satu musuh yang sangat dikhawatirkan oleh para pemilik laptop adalah birus malware. Pasalanha, hal tersebut bisa membuat kinerja perangkat menjadi lemot. Bahkan, fakta terburuknya ialah mampu mengakibatkan laptop tak dapat difungsikan sama sekali.

File sementara ini dibuat untuk menyimpan data sementara pada saat sedang membuat, memproses atau menggunakan program. Terlalu banyak menyimpan file sementara ini juga dapat menyebabkan laptop menjadi hang. Sebaiknya selalu mengecek file yang tersimpan lama di memory laptop dan selalu membersihkannya. Untuk mengecek file sementara biasanya ditempatkan di folder "Local Disk C:/Windows/Temp". Untuk membersihkannya, hapus file yang terdapat pada folder temp tersebut atau anda bisa menjalankan program Disk CleanUp pada laptop anda. Security Program atau antivirus yang digunakan pada laptop dapat mengganggu kinerja laptop, aplikasi tambahan ini baik jika digunakan 1 atau 2 saja. Karena kalau terlalu banyak, maka akan bentrok satu sama lain dari antivirus yang digunakan. Anda bisa mengunakan antivirus bawaan laptop yang bernama Windows Firewall. Nah untuk cara mengatasi laptop hang karena antivirus, anda bisa mencoba untuk menghapus antivirus yang tidak berguna pada laptop anda, lalu biarkan satu antivirus saja yang berjalan pada laptop anda untuk mengurangi penggunaan RAM yang tidak perlu. Apabila laptop sudah terlebih dahulu terserang oleh virus atau malware, maka sebaiknya anda jalankan Windows Safe Mode, matikan system restore pada laptop anda dan gunakan program Virus Cleaner untuk menghapus virus tersebut.

Akan tetapi, jika terlalu sering menginstall aplikasi, maka kapasitas penyimpanan pada Drive C tentu akan semakin penuh dan menjadikan sistem terlalu lama membaca hard disk. Efek yang akan ditimbulkan jangka panjangnya tentu saja akan menyebabkan laptop menjadi ngelag. Namun anda tidak perlu khawatir. Untuk dapat mengatasinya, cara ampuh yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan uninstall aplikasi yang jarang terpakai. Lebih baik anda menggunakan aplikasi sesuai dengan kebutuhan saja, karena akan sangat disayangkan jika memori laptop anda penuh dan laptop menjadi ngelag. Pastikan anda memperhatikan salah satu cara mengatasi laptop ngelag ini. Salah satu alasan mengapa laptop menjadi ngelag adalah karena terkena virus atau malware. Sama halnya seperti manusia, laptop juga dapat terkena penyakit yang mengakibatkan menurunnya performa pada laptop. Untuk dapat mengatasi hal ini, maka anda harus memasang pemindai antivirus agar laptop tidak mudah lemot. Tak hanya itu, anda juga harus selalu mengupdate antivirus agar berbagai macam virus dapat terbaca dengan baik.

Cara mengatasi laptop lemot bisa Anda lakukan sendiri terlebih dahulu. Menghapus temp files bisa Anda lakukan dengan Windows Disk Cleanup. Selain menghapus temp files, utilitas ini bisa digunakan juga untuk menghapus file tidak terpakai. Anda bisa membuka menu Start dan masukkan %temp%. Langkah s elanjutnya dalah menghapus semua file di dalam folder ini dan lewatkan yang tidak bisa dihapus. Gunakan Task Manager untuk melihat program apa yang berjalan di background dan seberapa banyak memori serta CPU yang digunakan. Setelah Anda buka Task Manager, klik Processes dan pilih program yang ingin di-disable dengan mengklik tombol End Task. Membersihkan di sini artinya meningkatkan kapasitas dari HDD. Caranya, Anda bisa meng-uninstall program yang tidak terpakai. Selain itu, bisa menggunakan Disk Cleanup dan menghapus file yang ingin Anda hapus. Jika cara-cara di atas masih belum bisa membuat laptop Anda menjadi lebih cepat, cobalah untuk mencari permasalahannya pada HDD. Caranya, cari Launchpad, buka folder Other, dan klik Disk Utility. Gunakan First Aid untuk mencari permasalahan di HDD.

No comments:

Post a Comment